Jun 28

Strategi Penggunaan Anchor Text dalam Metode Link Building

Optimasi SEO untuk meningkatkan pengunjung pada website memiliki beragam cara. Baik cara-cara yang diperbolehkan (white hat), cara di area abu-abu (grey hat) atau pun cara-cara yang dilarang google (black hat). Cara-cara black hat adalah cara-cara yang beresiko terkena hukuman jika sampai ketahuan Google. Oleh karena itu cara yang terakhir itu harus benar-benar dihindari. Baik oleh pemilik website sendiri atau pun oleh penyedia jasa SEO Jakarta.

Penggunaan Anchor Text dalam Metode Link Building

Cara terbaik untuk optimasi SEO adalah dengan menerapkan strategi terbaik dalam melakukan cara-cara white hat. Metode link building merupakan metode yang cukup banyak digunakan dalam optimasi SEO. Termasuk salah satunya adalah metode anchortext. Walaupun cukup penting dalam mengoptimasi website, namun strategi anchortext masih kurang banyak dimengerti. Padahal, dengan penerapan startegi yang tepat dapat memberikan efek yang baik pada optimasi website Anda.

Jenis-jenis Anchor Text

Strategi penerapan anchor text dapat digunakan oleh penulis atau penyedia jasa SEO murah. Namun, sebelum kita berbicara mengenai strategi penggunaannya yang tepat, maka penting untuk mengenal jenis-jenis dari anchor text terlebih dahulu.

Jenis Anchor text yang sering digunakan terdiri dari 6 macam, yakni :

  • Branded : Anchor text berupa nama merk atau brand tertentu.
  • Generik : Tulisan berisi petunjuk atau perintah melakukan di sini. Misalnya : “read more”
  • Exact Match : Dimana kata kunci yang digunakan pada anchor text sama persis dengan tulisan pada link aslinya.
  • Partial Match : Kata kunci yang digunakan pada anchor text hanya sebagian dengan tulisan pada link aslinya.
  • Naked Link : Ancho text jenis ini tidak menuliskan kata kunci, melainkan langsung menuliskan link apa adanya.
  • Image : Dengan cara mengambil alt txt gambar sebagai anchor text.

Strategi Penggunaan Anchor Text

Diperlukan strategi yang baik oleh penulis atau penyedia jasa SEO murah dalam penggunaan anchor text dalam artikel. Sehingga dapat meningkatkan SEO sekaligus terhindar dari amukan google. Strategi tersebut adalah :

  • Perhatikan penggunaan komposisi jenis anchor text agar artikel dan link tautan tampak natural. Oleh karena itu, kombinasikan jenis-jenis anchor text tersebut dengan presentase yang berbeda-beda. Misalnya 30% branded, 25% Generik, 20% Exact Match, 15% partial link dan 10% naked link. Anda bisa memformulasikannya sendiri.
  • Saat menggunakan anchor text jenis brand, jangan gunakan brand website Anda sendiri jika tidak ada konteks yang relevan.
  • Anda harus menggunakan anchor text seefisien mungkin. Gunakan kata kunci yang mudah dan singkat, namun dapat mewakili laman yang dituju.
  • Pilihlah kata kunci yang menarik, sehingga akan membuat pengunjung tertarik mengklik anchor text tersebut.
  • Pastikan kata kunci yang Anda gunakan dalam anchor text variatif (beragam), tidak mengulang-ulang kata kunci yang sama.
  • Pastikan laman yang ditautkan pada anchor text sesuai dan relevan dengan artikel serta kata kunci Anda. Karena jika Anda membuat kata kunci “jebakan” menuju web yang tidak relevan, pengunjung akan langsung menutup kembali laman tersebut. Hal ini malah akan membuat bounce rate website Anda tinggi.

Jika Anda masih kebingungan dalam menerapkan strategi anchor text yang baik dan benar, Anda dapat menggunakan jasa Mesinseo.com. Kami akan membuatkan artikel SEO terbaik dengan tarif murah dan garansi page 1 Google. Hubungi kami segera pada Kontak di bagian atas website untuk mendapatkan artikel SEO terbaik untuk website Anda.