Jan 30

Inilah Penyebab Perbedaan Hasil Pencarian Web di Google

Apakah kamu pernah mengamati ada perbedaan hasil pencarian website di Google dengan kata kunci yang sama? Indikasinya, hasil pencarian mengalami perbedaan padahal menggunakan kata kunci yang sama di waktu yang berbeda.

Penyebab peringkat web berbeda di tiap komputer

Kalau pernah mengalaminya, kamu mungkin akan bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab perbedaan hasil itu, padahal kata kunci yang digunakan sama persis. Ternyata, memang ada beberapa hal yang menjadi penyebab peringkat web berbeda di tiap komputer atau smartphone yang kamu gunakan untuk browsing.

5 Hal Penyebab Peringkat Web Berbeda di Tiap Komputer

Penyebab peringkat web berbeda

Pada dasarnya Google merupakan mesin pencari yang akan menampilkan website sesuai dengan kata kunci yang pengguna ketikkan, misalnya, saat kamu mengetikkan kata kunci “makanan Surabaya”, maka Google akan menemukan berbagai website yang di dalamnya mengulas makanan Surabaya. Tapi seringkali hasil pencarian akan berbeda untuk waktu berikutnya meskipun memakai kata kunci yang sama. Inilah 5 hal penyebab hal itu bisa terjadi.

1. Algoritma Peringkat Website

Google mempunyai algoritma untuk menentukan urutan website yang ditampilkan di hasil pencarian. Algoritma itu bisa bersifat “alami”, yang artinya ditentukan sendiri oleh kualitas website atau juga bisa karena pemilik website menggunakan layanan berbayar untuk menempatkan website mereka ke urutan pertama.

Ini bisa menyebabkan perbedaan hasil pencarian di Google, apalagi kalau kamu menggunakan komputer yang berbeda. Pasti hasilnya ada perbedaan, baik signifikan maupun tidak.

2. Aktivitas Pencarian

Sistem yang terdapat dalam Google dapat mengetahui tren aktivitas pencarian yang kamu lakukan, misalnya, kamu sering mencari website yang terkait kuliner.

Suatu saat, kalau kamu mencari dengan kata kunci lainnya seperti “travelling ke Bandung”, bisa jadi website yang berada di urutan atau halaman pertama akan berkaitan dengan kuliner Bandung karena kamu terlacak sering browsing tentang kuliner. Hasil pencarian akan berubah kalau kamu juga mengubah pola pencarianmu.

Baca juga artikel ini : Tingkatkan Keamanan Web WordPress dengan Cara Mudah Berikut!

3. Website yang Dikunjungi

Semakin sering kamu membuka sebuah website hasil pencarian dengan kata kunci tertentu, maka akan semakin besar kemungkinan website itu akan berada di urutan pertama dengan kata kunci yang sama.

Indikator “keseringan” membuka website bisa diukur dari berapa kali kamu membuka situs itu dan berlapa lama waktu yang dihabiskan untuk membaca konten yang ada di dalamya. Kalau kamu mengubah preferensi website, hasil pencarian berikutnya juga akan berubah.

4. Apakah Kamu Log In?

Saat berselancar di Google kamu bisa log in akun atau tidak. Dua-duanya masih memungkinkan kamu untuk tetap browsing menggunakan Google. Hanya saja, kalau kamu log in, segala aktivitas di pencarian Google akan terekam dengan baik oleh sistem.

Google dapat mendeteksi apa preferensimu, website apa yang sering dikunjungi, dan kata kunci apa yang kerap digunakan. Cobalah untuk log out, maka kamu akan menemukan urutan website yang bisa jadi berbeda.

5. Perangkat yang Digunakan

Hasil pencarian dengan komputer dan menggunakan perangkat yang lain bisa berbeda, misalnya, kamu mencari website dengan kata kunci “tips hemat” menggunakan komputer atau smartphone pribadi yang notabene sering kamu pakai. Kemudian, kamu coba mencari dengan kata kunci yang sama menggunakan perangkat orang lain dan hasilnya bisa berbeda,

karena aktivitas pencarianmu berbeda dengan aktivitas pencarian orang yang perangkatnya kamu pinjam. Hal semacam itu bisa menjadi penyebab peringkat web berbeda di tiap komputer atau perangkat lain yang digunakan.