Jan 29

Ini Dia Jenis – Jenis Backlink yang Tidak Berkualitas dan Dibenci Google

Optimasi SEO untuk meningkatkan trafik pengunjung, kini memang begitu gencar dilakukan oleh para blogger maupun pemilik bisnis online.

Mereka berupaya agar websitenya bisa naik ke peringkat pertama halaman pencarian Google. Nah, salah satu trik Optimasi yang sering diterapkan adalah dengan menggunakan backlink.

Singkatnya, backlink ini merupakan sebuah tautan pada situs web lain yang bisa ditautkan ke situs milik anda. Agar peringkat website makin meningkat, anda bisa memasukkan backlink yang lebih banyak pada website. Tentu saja, penerapan backlink ini sangatlah menguntungkan dan efektif untuk trik Optimasi SEO.

jenis - jenis backlink yang tidak berkualitas

Namun faktanya, banyak dari pemilik blog yang melakukan cara salah dalam penggunaan backlink tersebut. Misalnya saja menggunakan backlink dengan kualitas buruk dan kriteria yang tidak memadai.

Jenis – jenis backlink yang tidak berkualitas ini, pastinya sangat dibenci Google dan sebaiknya hindari penerapannya.

7 Jenis – Jenis Backlink Yang Tidak Berkualitas 

 

jenis backlink yang tidak berkualitas

Ada berbagai jenis tautan yang tidak berkualitas dan juga tidak memenuhi kriteria, beberapa diantaranya seperti berikut ini.

1. Backlink dengan variasi kurang

Beberapa pemilik blog, kerap menggunakan backlink hanya dari satu atau dua jenis platform secara terus terusan dan tanpa memperhatikan kualitasnya.

Padahal aktivitas ini bisa mengancam situs anda, karena Google bisa menemukan tautan yang dinilai kurang wajar. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan tautan dari platform platform lainnya.

2. Tautan dari situs bahasa asing

Dengan menanamkan tautan pada situs bahasa asing, Google akan membaca bahwa backlink situs tersebut tidak relevan dengan topik. Tentu saja, cara ini melanggar ketentuan dari Google. Sebaiknya pilihlah tautan yang memiliki bahasa dan topik sama, sebagai trik Optimasi SEO yang baik.

Simak juga artikel ini : 6 Cara Melihat Bahwa Backlink Itu Jelek

3. Tautan yang berbayar

Salah satu jenis backlink yang jelas jelas tidak berkualitas, adalah menggunakan backlink berbayar. Padahal, resiko penggunaannya bisa terjadi pada pihak pembeli ataupun penjual tautan.

4. Tukar link tautan

J​​​enis – jenis backlink yang tidak berkualitas selanjutnya, adalah melakukan tukar link pada sebuah situs. Meski di awal penerapannya sangat berhasil, tapi lama kelamaan situs maupun blog anda akan dieliminasi Google dari halaman pertama.

Apalagi jika anda terlalu sering menerapkan tukar link, tentu akan berefek buruk pada situs anda. Tentu saja cara negatif ini bakal bikin anda rugi bukan?

5. Tautan dari aplikasi otomatis

Untuk mendapatkan backlink dari aplikasi otomatis, memang cukup mudah dan hasilnya pun memuaskan. Namun hasil tersebut hanya bisa dirasakan sementara, lantaran Google mempu membaca aktivitas tersebut. Jenis backlink ini pastinya sangat tidak direkomendasikan untuk penerapannya pada website.

6. Tautan tersembunyi di Javascript ataupun CSS melalui peretasan

Jenis backlink seperti ini tentu saja sangat tidak disarankan, karena merupakan aktivitas yang kotor. Bahkan, Google pun masih terus mengatasi jenis backlink ini pada situs web.

7. Backlink spam pada forum

Anda tidak bisa bergabung pada sebuah forum dan asal menanamkan backlink. Karena tindakan tersebut masuk dalam kategori spamming, yang tidak disarankan dan justru dibenci Google. Selain itu, forum tersebut juga memiliki tujuan sendiri dan akan terganggu dengan spam yang anda tautkan.

Demikianlah tadi jenis – jenis backlink yang tidak berkualitas dan tidak memenuhi kriteria Google. Meski sama sama bertujuan untuk meningkatkan trafik, tetap saja cara ini adalah salah.

Sebuah backlink, seharusnya memiliki kualitas yang bagus untuk strategi Optimasi SEO. Sehingga upayakan untuk selalu menghindari jenis backlink seperti ini. So, tetaplah gunakan backlink baik yang sesuai aturan Google!