Jan 18

Cara Submit URL Ke Google Dengan Mudah

Pemilik website baru wajib melakukan submit URL agar cepat terindeks. Cara submit url ke google mudah dilakukan jika tau caranya. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa manfaat submit url ke google? Bukankah google punya “laba-laba”¬†sendiri untuk merayapi setiap website baru yang muncul?

Betul! Google memang memiliki teknologi laba-laba yang digunakan untuk meng-indeks website baru. Sayangnya, teknologi ini bekerja dengan sangat lambat.

Butuh waktu yang lumayan lama hingga website yang kita miliki terindeks lebih lama. Oleh karena itu, kita disarankan untuk men-submit url website yang dimiliki pada google. Berikut ini cara untuk submit url ke google dengan mudah.

Cara Submit URL Ke Google

Cara Submit Url Ke Google Bagi Pemilik Website Baru

Mengirimkan alamat url pada google dapat dilakukan dengan cara mengirimkan sitemap baru atau memanfaatkan Fetch as Google. Sebelum melakukan cara ini, kita diwajibkan memiliki akun google yang sudah terdaftar di google search console. Jika belum sebaiknya mendaftar terlebih dahulu.

Apabila anda pemiliki website baru, langkah yang harus dilakukan adalah meng-upload sitemap baru pada situs search console.

Nah sebelum mendaftarkan sitemap baru, lakukan verifikasi website terlebih dahulu. Lakukan verifikasi website melalui google search console. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga website baru anda ter-indeks oleh google.

Cara Submit Url Ke Google Bagi Pemilik Website Lama

Website lama juga butuh di submit ulang. Website lama yang dapat atau di sarankan melakukan submit url adalah website yang meluncurkan halaman baru ataupun website deindex.

Halaman baru ini sebaiknya segera didaftarkan agar segera terindeks oleh google. Cara submit url ke google cukup mudah. Kita hanya perlu mengirimkan sitemap baru dengan menggunakan akun awal. Ingat gunakan akun awal atau akun lama yang pernah digunakan.

Cara ini akan memudahkan google melakukan perayapan. Google akan mendeteksi apakah website atau halaman yang dibuat sudah sesuai atau belum. Namun, cara submit website lama sedikit berbeda dengan cara yang pertama. Berikut ini cara submit url pada website lama.

1. Mengirim Sitemap Yang di Perbaharui

Sitemap Google

Cobalah untuk mengirim sitemap yang telah diperbaharui. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah website yang telah dibuat sudah terindeks google apa belum. Caranya cukup mudah, silahkan klik Add A property pada halaman google search console.

Setelah terbuka, langsung ketik atau paste sitemap baru yang akan di submit. Biarkan beberapa saat hingga google melakukan perayapan pada website baru kita.

2. Menggunakan Fetch As Google

Fetch As Google

Silahkan login pada google search console untuk memanfaatkanFetch As Google. Setelah masuk klik url inspection dan masukkan url website kita.

Google akan melakukan perayapan pada website lama kita. Perayapan ini bertujuan mengidentifikasi apakah website kita layak atau tidak.

Biarkan google melakukan perayapan pada website. Selama proses ini, kita boleh melakukan pembaharuan konten.

Konten-konten pada website tetap boleh di upload agar website tidak sepi. Konten di upload berkala dan hal ini tidak mempengaruhi proses perayapan google.

Cara submit url ke google memang disarankan bagi para pemilik website. Baik pemilik website baru ataupun pemilik website lama yang akan memperbaharui halaman websitenya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mempercepat proses peng-indeksan oleh google. Daripada menunggu indeks otomatis yang memerlukan waktu lumayan lama. Demikian artikel mesinseo.com ini mengenai cara sumbit url website.