Jan 18

6 Cara Melihat Bahwa Backlink Itu Jelek

Backlink sudah tidak asing lagi bagi para blogger, webmaster, SEO Specialist dan lainya, namun mungkin ada sebagian orang yang belum tahu bahkan mungkin tidak peduli tentang backlink.

Backlink merupakan link yang masuk ke sebuah website, halaman atau post. Sebelum ada search engine, backlink sangatlah penting untuk navigasi website. Jumlah backlink merupakan sebuah indikator dari popularitas sebuah situs.

Cara Melihat Backlink Jelek

Backlink memiliki banyak manfaat seperti, meningkatkan jumlah visitor website anda, meningkatkan page rank dari website, serta meningkatkan kualitas SERP dan SEO.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan backlink, ada black hat dan white hat. Black hat seperti pyramid wheel, Blog Dummy dan lainnya. Sementara White hat ada tukar link, comment, Blog Walking dan lainnya. Asalkan natural serta berkualitas, itu bukanlah backlink yang jelek.

Cara untuk Melihat Backlink yang Jelek

Backlink memang cukup penting demi kemajuan website, namun perlu diperhatikan bahwa kualitas backlink juga penting. Terdapat banyak cara untuk mengetahui kualitas backlink.

Cara melihat Backlink jelek dapat anda lakukan secara manual melihat dari ciri-cirinya atau anda bisa menggunakan tools agar mempermudah pekerjaan anda. Berikut ini mesinseo.com berikan cara untuk melihat backlink jelek dari ciri-cirinya:

1. Link dari Website dengan Otoritas Rendah

Semakin tinggi otoritas sebuah website, maka ranking di Google juga akan tinggi. Jadi, jika anda mendapat backlink dari website dengan otoritas rendah maka itu akan memberikan reputasi buruk pada website anda.

Hindari membuat link dari website dengan tingkat otoritas yang rendah, apalagi jika website tersebut dengan sengaja melakukan spam.

2. Tidak Punya Relevansi

Berdasarkan algoritma Google, konteks merupakan salah satu yang penting. Sebuah link tidak ada manfaatnya jika tidak ada relevansi antara konten di tujuan link dan konten di sumber link.

Misalnya jika anda mengelola website wisata, kemudian anda mendapat link blog SEO, maka hal tersebut tidaklah relevan. Namun, bukan berarti juga sama persis, tetapi secara konteks memiliki hubungan atau relevan. Seperti website wisata, link dari travel blog akan bermanfaat.

3. Berulang-ulang

backlink jelek

Mendapatkan lebih dari satu link yang berasal dari satu website, maka link kedua dan selanjutnya nilainya akan berkurang, kemudian jika jumlahnya terlalu banyak maka akan menimbulkan kerugian.

4. Bagian dari Pola Reciprocal Link Exchange

Pola ini sudah tidak bisa lagi bermanfaat seperti dulu, sekarang bahkan dapat membawa dampak negatif. Teknologi search engine sudah semakin canggih sehingga cara ini harus anda hindari.

5. Anchor Text Persis dengan Keyword

Pada jamannya mungkin achor text sangat baik, namun berbeda dengan sekarang. Sekarang hal tersebut justru bisa membuat website anda masuk ke dalam kotak penalti manual.

Baca juga: Apa Itu Tier Backlink? Simak Penjelasan Ini

6. Merupakan Bagian dari Skema

Terdapat banyak permainan pola sumber link dengan landasan untuk menipu search engine. Namun perlu anda ketahui bahwa hal tersebut dilarang. Jika website anda terdeteksi maka sudah pasti website anda “digusur”

Anda juga dapat melakukan cek backlink melalui beberapa tools seperti:

  • Alexa Tools Backlink, sebenarnya tools ini digunakan untuk melihat peringkat website, namun anda juga dapat menggunakannya untuk mengecek sumber backlink website yang sudah terindex.
  • Semrush Toolkit, tools ini merupakah salah satu tools yang paling baik dan akurat untuk cek link website. Namun, tools ini bersifat premium atau berbayar sehingga anda tidak dapat menggunakannya setiap waktu.

Demikian pembahasan cara melihat backlink jelek ini. Semoga dapat membantu anda yang sedang mengelola blog ataupun website.